Selasa, 11 Desember 2007

Hematnya Semut


Suatu hari Nabi Sulaiman bertanya kepada seekor semut
"Berapa bagian rizkimu dalam setiap tahun?"
Semut menjawab, "Sebutir gandum."
Lalu ditaruhlah si semut itu di dalam sebuah botol
dan dibekali sebutir gandum,
kemudian ditutup rapat-rapat

Setahun kemudian dibukalah botol itu
Ternyata hanya separuh dari sebutir gandum yang telah habis dimakan oleh si semut
Nabi Sulaiman bertanya kepada semut
"Kenapa engkau tinggalkan separuh gandum ini tidak termakan?"
Si semut menjawab, "Kalau tawakalku kepada Allah, aku akan habiskan sebutir gandum ini, karena aku mengetahui bahwa Allah tidak akan melupakan aku di dunia ini. Tetapi karena aku bergantung kepadamu, maka aku tinggalkan separuh gandumku sebagai persiapan untuk setahun, kalau-kalau engkau melupakanku dalam tahun berikutnya."

=======
salah satu "gaya" hidup semut yang sekiranya patut dicontoh, semoga...


Tidak ada komentar: